Dunia baru ku

Aku yang baru lulus, mencoba menemukan pekerjaan yang tepat dengan kemampuanku. sebelum aku wisuda, aku sudah dinyatakan diterima oleh salah satu perusahaan swasta yang berpusat di Jakarta. suatu pencapaian yang membuatku bangga sebagai lulusan Del. sebelum menanti. aku belum juga bekerja. Belum ada panggilan. beberapa kali aku menghubungi pihak yang bersangkutan, dan mereka mengatakan kalau aku harus menunggu. Sebulan kemudian, aku menemukan diriku masih tetap setia menunggu panggilan itu. Waktu yang cukup lama untuk disuruh menunggu. Aku mencoba mengirimkan lamaran ke perusahaan di Jakarta, Bandung, Bali dan juga Medan, tempat dimana sekarang aku tinggal. puluhan lamaran aku kirimkan, berharap ada beberapa yang nyangkut. Keesokan harinya, aku menerima panggilan untuk interview, tapi aku tidak bisa menyanggupinya karena karena mereka meminta ku untuk hadir intervew besoknya di Jakarta. sore harinya, aku juga menerima SMS yang menyuruhku untuk mengikuti interview, tapi aku juga tidak bisa, karena mereka hanya menyediakan waktu satu hari untuk memikirkannya. Malam harinya, lagi-lagi aku mendapatkan email yang berisi panggilan interview. dan lagi-lagi kau tidak bisa karena mereka menyuruhku untuk ke Jakarta agar dapat langsung di interview. Saat itu, aku meminta kelonggaran waktu sampai minggu depan, untuk berada di Jakarta. tapi kabar dari mereka tidak pernah muncul. Asumsiku kali ini menyatakan bahwa mereka sudah menemukan orang lain.

Aku memutuskan untuk berangkat ke Bandung pada tanggal 3 November 2012. waktu yang tepat untuk mencoba keberuntunganku disana. Ketika aku sudah membuat keputusan untuk berangkat, kemudian aku melihat-lihat harga tiket. tidak terlalu mahal, apabila aku memesannya sekarang. Tapi aku tidak punya uang, sehingga untuk memesan tiket, aku harus meminta uang dulu dari orangtua. Pada hari kamis, tanggal 24 Oktober 2012, aku mendapat telpon, panggilan untuk interview lagi di perusahaan yang sudah menerima ku sebelum aku lulus. sorenya aku datang untuk interview. bertemu dengan bos, yang sudah sedikit familiar. Karena teman-temanku sering bercerita tentang mereka. aku akui, bahwa interview ini tidak terlalu baik bagi ku. banyak keraguan yang aku katakan. ketika ditawarkan job yang berbeda dari yang aku lamar, aku ragu dan menolaknya. Walau begitu, aku tetap optimis, bahwa kali ini aku pasti diterima. aku menunggu panggilan dari mereka, dari tak ada. hingga kini saat aku sudah bekerja, mereka tidak pernah mengabariku apa hasil interviewnya.

Aku merasa seperti orang bodoh, karena terus-menerus berharap akan diterima disitu. perusahaan pertama yang mengatakan menerima kau sebagai pegawai mereka. Aku sebenarnya sudah tau bahwa aku tidak diterima dari salah satu kenalan. yang mengatakan bahwa keraguanku ketika interview, membuatku ditolak. mulanya aku tidak terima. Tetapi aku tidak bisa melakukan apapun, karena itu murni keputusan mereka. kemudian aku menerima tawaran bekerja ditempat lain. Dibidang yang baru bagiku. Aku mencoba menyukai pekerjaan ku. Buruk sekali rasanya jika kita tidak nyaman dengan pekerjaan yang kita lakukan. Hari pertama bekerja, aku malah ingin segera keluar. Tidak ada yang aku kenal disini, lingkungan baru dengan orang-orang yang baru. aku tidak nyaman. aku ingin keluar. tapi tidak bisa. saat ini aku membutuhkan dana, untuk ongkos berangkat keluar kota dan biaya hidup ditempat baru. Aku memerlukan waktu sekitar 3-6Bln untuk mengumpulkannya. Dan selama itu pula, aku harus bertahan disini. Dengan penghasilan yang cukup.

sebenarnya sudah tiga kali mereka memintaku untuk mengirimkan CV ku, Tiga kali merasa bahagia, karena bakalan bekerja perusahaan ini dan sudah tiga kali pula aku harus kecewa dengan mereka. Andai saja, perusahaan itu memegang janji mereka, dunia baru ku ini akan berbeda. pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang pendidikanku dan juga teman-temanku yang bakalan satu kantor dengan ku. sehingga aku tidak akan merasa kesepian dan sendiri.

Leave a Reply

